Sabtu, 25 Juni 2011

Mengatasi beberapa kerusakan ringan pada monitor tabung (CRT monitor)

1. Monitor Blur…
Bila kita mndapati monitor kita yg CRT dalam keadaan Blur, dmn waktu kita nyalain normal tapi lama kelamaan gambar jd blur atau tidak jelas dan mata menjadi sakit maka satu solusi yang bisa kita lakukan sebelum membawanya ketempat service.
  • Hilangkan listrik statisnya, agar tidak kesetrum, dengan cara :  cabut dulu kabel powernya (kabel yang terhubung ke aliran listrik), trus tekan tombol on/of berulang kali sampai hentakannya habis.
  • buka penutup/ casing monitorsetelah terbuka amati bagian belakang monitor (pada bagian Flybacknya)
  • Setelah diamati dan terlihat ada 3 sekrup settingan(2 sekrup /trimpot untuk flyback monitor keluaran lama)  yang bisa adjust /di putar sesuai kebutuhan.
  • Nyalakan monitor ingat jangan tutup dulu casingnya…
  • setelah monitor nyala, ambil Obeng dan puntir ketiga sekrup itu sambil melihat monitor, dimana 2 sekrup paling atas adalah untuk mengatur fokus monitor, dan 1 sekrup paling bawah untuk mengatur Screen/tingkat kecerahan monitor, putar- putarlah ketiga sekrup itu sampe menemukan settingan yg pas. untuk mempermudah  pengamatan perubahan dilayar  gunakan cermin.
  • Perlu diingat pada saat melakukan setingan jg lupa pakaikal  sandal/alas Karet dan obeng dg isolator  agar  tidak tersetrum, teganganya lumayan bro!! bisa bikin lo jatuh duduk dan terbengong ckckck..
  • Bila tak ada perubahan pada saat trimpot focus di putar-putar, itu menandakan trimer potensio  flyback-nya udah  rusak   gan, bawa ke tukang servis untuk ganti flyback yang baru.

2.Monitor CRT hanya keluar/ dominan warna tertentu
  • kemungkinan dominasi warna ada tiga, yaitu Red, green atau blue
  • Pertama periksa kabel data monitornya, biasanya rusak karena kelipat atau sebab lain.
  • Kedua, goyang2 monitornya <klo tega, gebrak aja casingnya>, klo ada perubahan, berarti ada soket atau solderan yang retak atau kendor …. solder kembali solderan tsb.
3.Monitor waktu dihidupin bunyi “pletek-pletek”
  • gejala ini terjadi karena flyback mengalami kebocoran bila kita amati pada tempat gelap , akan terlihat adanya loncatan api/kilatan tegangan pada kop flyback.  kencangkan karet vakum /kop flyback yg nempel di tube CRT
  • Gunakan lem AIBON atau lem sejenis untuk merekatkannya.
demikian semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar